Masa-masa paling indah, masa-masa di sekolah...

Dari rekaman memori yang berhasil gue inget. Dari kelas satu sampai kelas 3 SD, gue tuh gak punya temen. Eits, maksudnya gak punya temen yang akrab banget gitu. Kalo sekedar temen sih banyak, tapi yah cuma berteman seadanya lah. Satu kelas, saling kenal, trus kalo pas di sekolah main bareng. Udah gitu aja, gak banyak cerita yang tertoreh.

Di bangku kelas empat gue mulai punya temen karib nih. Mereka, Siti dan Yanah, gue akui gue lupa nama panjangnya. Hihihi. Butut banget nih otak.

Gak tau bermula darimana, gue bisa akrab sama mereka berdua. Mungkin karena rumah kita berdekatan kali, jadi pulang dan pergi sekolah selalu barengan.

Persahabatan kamu pun gak Cuma sebatas di sekolah. Kami juga solid diluar sekolah. Maksudnya, kami juga sering main bareng gitu di luar sekolah. Seringnya sih bermarkas di rumah gue. Apalagi dulu gue sering home alone, jadi mereka inilah yang setia nemenin gue.

Kita juga udah kayak sodara, tentunya gue yang bungsu hehe. Selain emang paling muda daripada mereka, gue juga paling imut, eh gak ding, badan Siti lebih imut daripada gue. Tapi dia itu kecil-kecil cabe rawit lhoo. Pedas. Kegiatan nginap-menginap pun sering banget kami lakukan. Gue udah pernah menginap di rumah mereka, seringnya sih di rumah Yanah. Mereka lebih sering lagi menginap di rumah gue kalo bokap sama nyokap lagi gak ada.

Walaupun kita semua cewek, kita lumayan preman lho. Apalagi Siti eh Yanah juga ding, oke gue ngaku gue yang paling cemen diantara kita bertiga.

Contoh kecemenan gue: di belakang rumah Yanah ada pohon jambu bol gede banget. Gue bisa sih manjat-memanjat, levelnya lumayan lihai. Tapi pohon jambu itu tingkat kesulitannya tinggi. Dan keahlian gue gak cukup untuk menaklukannya. Sementara Siti dan Yanah udah nangkrin di dahan paling tinggi, gue Cuma bisa bengong doang di bawah pohon. Apalagi kalo tuh pohon lagi berbuah lebat banget, rugi banget deh gue.

Nah karena mereka berdua ini preman, temen mereka juga kebanyakan cowok. Otomatis jadi temen gue juga. Gue coba absen deh, dulu ada Jani, Yasin, Heru , omaygosh selebihnya gue Cuma berhasil nginget mukanya doang. Dan dua keponakan gue juga Ipung dan Kenny.

Well, kalo Siti sama Yanah absen main bareng gue. Terpaksa gue ngikut Ipung sama Kenny deh. seringnya sih Cuma ngeliatin mereka main sama cowok-cowok yang lain. Karena gue cewek sendirian, gue gak dianggep gitu. Nyebelin banget.

Selayaknya anak kecil yang lain, gue pernah jatuh cinta monyet gitu. Namanya Yasin, tetangga  samping kiri rumah gue. Dua angkatan diatas gue. Sebatas itu aja sih, gue suka sama dia, dan gue seneng kalo main bareng dia. 

Dulu gue sering banget kalo maun di curangin sama Kenny, Ipung dan Yasin ini. Ceritanya main gambar , dulu sih nyebutnya itu gak tau kalo sekarang apaan, atau malah gak ada yang mainin sama sekali? Gara-gara mereka bertiga sekongkol buat ngejatohin gue, jadila gue bangkrut sekali main. It so epic. 

Balik lagi ke SD. Waktu SD gue lumayan populerdan berpengaruh. Gimana enggak, kepseknya itu kakak ipar sulung gue yang juga ayahnya Ipung. Guru kelas satunya mbak Us, mamanya Kenny. Guru kelas tiganya mbak Nik. Trus yang jualan di kantin itu nyokapnya Ipung, mbak Atim gue. Kalo ibarat Cinta Cenat-cenut gue tuh Rafael  Sm*sh kali. Hehehe.  Well gue juga pinter dong dulu.

Oh iya, diantara gue Ipung dan Kenny, gue yang paling pinter. Meskipun gue paling kecil, eh gak ada hubungannya sama umur ding. Kenny pernah gak naik kelas dari kelas tiga ke kelas empat. Harusnya dia seangkatan sama gue tapi sekarang sih masih mendekam di kelas tiga SMA gara-gara gak naik itu. Sedangkan Ipung, pernah gak naik dari kelas lima ke kelas enam. Harusnya dia satu angkatan diatas gue. 

Nah karena gue lumayan populer omongan gue pun didenger sama temen-temen. Pernah nih ya waktu kelas satu gue ngajakin temen sekelas bolos sekolah gara-gara gurunya telat masuk. Yee salah gurunya kali, kenapa juga telat. Alhasil gue kena marah nyokap pas sampe di rumah.

Kenangan manis pas gue SD tuh, setiap ulangan dan dapet skor perfect gue pulang semangat banget. Lari dan belum sampe rumah gue udah teriak kenceg-kenceng ke nyokap kalo gue dapet seratus. Sampe SMP kebiasaan itu masih berlanjut, apalagi kalo pembagian rapor dan gue rangking satu. Siap-siap minta hadiah deh. 

Walaupun gue gak nakal-nakal amat tapi sekalinya gue buat salah kayaknya tuh fatal banget. Pas kelas empat abis-abisan Pak Budiman marahin gue gara-gara gue ngukir nama di meja pake silet. Dan untungnya waktu itu Siti minta gue buat ngukir nama dia di samping nama gue. Jadi gak sendirian deh kena marahnya.

Seakan gak kapok kena marah sama Pak Budiman, pas kelas enam beliau kembali marah besar ke gue. Beda perkara. Entah kenapa hari itu beliau marah ke kelas kami, dan berbekal kesotoyan dan ke gak pekaan gue sama keadaan gue malah cekikikan sama temen di samping gue. Yak wadah kapur lengkap dengan isinya nemplok di meja gue. Untung gak kena kepala, bisa mampus kena batok kelapa kayak gitu.
Oh iya persahabatan gue, Siti, dan Yanah tentu gak berjalan mulus-mulus aja. Sering bersitegang dan merajuk. Kalau salah satu diantara kami ada yang merajuk itu tandanya, kami Cuma main berdua, trus kalo ada yang pulang tanpa pamit itu pasti dia merajuk. Ah paling juga besoknya baikan lagi. 

Persahabatan kita terus berlanjut sampe SMP karena kita satu sekolahan lagi. Sampai sekarang juga masih. Sayangnya gue kehilangan kontak dengan mereka berdua. Ah itu gak penting. Teman datang silih berganti, tapi sahabat selalu dihati.

0 Komentar