kemarin gue udah bahas tentang apa-apa aja yang mesti disiapin untuk menghadapi ramadhan. tapi terkesan gak serius gitu yah? oke kali ini gue akan bahas yang lebih serius lagi.
pertama-tama ini hanya akan jadi sebuah postingan pendek karena gue udah nggak kuat nahan napsu. napsu buat ngelonin guling.
kedua, ini hanya akan menjadi semacam note to self aja. karena gue sendiri ngerasa banget belum bisa mengamalkannya. ya sama-sama usaha aja lah yuk.
oke ini menurut gue sih ya, kita harus siap luar dalam. mental maupun fisik.
siapin mata untuk terjaga lebih lama. salat tarawih, tadarus al qur'an, menyiapkan & makan sahur, sampai salat subuh. semuanya kita lakukan pada jam-jam yang biasa kita gunakan untuk bersantai dan beristirahat. butuh penyesuaian lebih untuk ini terutama untuk gue yang tukang molor ini. (note to self: apalagi siang juga ada kegiatan mengaji, pokoknya nggak ada waktu untuk tidur sianglah)
siapin mata untuk membaca ayat-ayat suci al qur'an.
siapin mulut untuk dikunci rapat. kunci rapat mulut dari makanan dan minuman di siang bolong. kunci rapat mulut dari ghibah yang merugikan diri sendiri dan orang lain. kunci rapat mulut dari perkataan kasar dan kotor. kunci rapat mulut dari ucapan negatif dalam bentuk apapun.
siapin mulut untuk senantiasa menyebut asmaNya. membaca kalamNya. mengucap yang baik-baik saja.
siapin telinga agar lebih lebar dan mendengar lebih banyak nasehat baik. (note to self: kalo ngaji dengerin bener-bener penjelasan ustadznya, jangan ngomong sendiri apalagi tidur)
siapin kaki agar lebih kuat menahan badan. baik siang kala kita berpuasa. maupun malam saat kita mendirikan salat tarawih. (note to self: apalagi kalo tarawihnya 23 rakaat plus witir)
demikian persiapan fisik yang harus matang. bagaimana dengan persiapan mental?
cukup siapkan hati. buka lebar-lebar dan tampung hidayahNya.
gimana lurus gak postingan gue kali ini?

1 Komentar

  1. yang ini lurus mbak, haha! Selamat menunaikan ibadah shaum :)

    BalasHapus