Jepang, bagi saya tidak hanya memiliki empat musim, tetapi lima. Yap, musim dingin, musim semi, musim sakura, musim panas dan musim gugur. Sebenarnya musim sakura masuk ke dalam musim semi, tapi bagi saya musim sakura teramat sangat spesial yang layak menempati tempatnya sendiri. Musim sakura berlangsung selama musim semi berlangsung yakni pada akhir Maret hingga awal Mei.

Bunga sakura hanya mekar selama seminggu hingga dua minggu selama setahun. Bunga ini tidak mekar secara serentak di seluruh Jepang, waktu mekarnya bervariasi di setiap daerah. Orang Jepang memiliki budaya unik menonton bunga sakura mekar atau yang lebih sering disebut sebagai ritual Ohanami atau HAnavi. Kegiatan menonton mekarnya bunga sakura menjadi aktivitas yang sayang untuk dilewatkan apabila kita liburan ke Jepang.

HAnavi telah menjadi tradisi orang Jepang selama berabad-abad. Kegiatan ini juga biasa disebut sebagai Festival Bunga Sakura. Pada festival ini orang-orang akan berkumpul bersama keluarga, teman dan kerabat di bawah bunga sakura, menggelar tikar dan menyajikan berbagai macam kudapan. Semacam piknik. Sembari menontonmekarnya  bunga sakura, mereka melakukan berbagai aktivitas, seperti bernyanyi, bermain games, menyantap kudapan yang telah disediakan atau hanya sekedar mengobrol dan bergurau. Aktivitas-aktivitas tersebut menambah kehangatan dan keakaraban.

Beberapa tempat wisata yang memperlihatkan betapa menakjubkannya keindahan mekarnya bunga sakura  antara lain adalah  Taman Benteng Goryokaku di Hokkaido, Taman Kastil Hirosaki di kota Hirosaki, Taman Ueno di Tokyo, Istana Nagoya di Aichi, Taman Maruyama dan Candi Daigo-Ji di Kyoto, Taman Nara dan Gunung Yoshino di Nara, Japan Mint di Osaka dan banyak yang lainnya.


Taman Benteng Goryokaku di Hokkaido 

Apabila ingin berkunjung ke Jepang dan menikmati indahnya bunga sakura, sebagai orang asing, kita perlu mempersiapkan beberapa hal. Pertama memastikan tempat yang ingin kita tuju sebagai tempat perayaan HAnavi. Kemudian carilah informasi seluas-luasnya mengenai perkiraan kapan bunga sakura akan mekar di tempat itu dan seberapa lama. Informasi ini bisa dicari di internet kok. Nah apabila sudah menemukan semua informasi tersebut hal kedua yang perlu dilakukan adalah memikirkan bagaimana cara untuk sampai di tempat itu. Alat transportasi apa yang akan di gunakan? Tinggal di hotel mana selama berada di Jepang? Dan lain-lain.

Dan kalau kamu termasuk orang yang ogah ribet mending pakai agen travel aja. Agen travel yang sangat terpercaya soal Jepang yang tentu saja HIS Travel Indonesia. Semua info mengenai tempat Wisata ke Jepang, transportasi dan tempat tinggal selama di Jepang bisa kamu dapatkan di his-travel.co,id. HIS Travel Indonesia juga menawarkan berbagai paket wisata ke Jepang selama musim sakura dan HAnavi, dengan harga yang tentu saja murah dan pelayanan yang menyenangkan.

Selain bunga sakura berwarna putih dan pink yang amat indah itu, beberapa hal/tempat yang sangat ingin saya jumpai/kunjungi di Jepang adalah:

1. Orang-orang Jepang yang konon sangat baik dan ramah. Selain itu saya juga sangat mengagumi karakter orang Jepang yang sangat disiplin dan menjaga kebersihan lingkungan. Orang Jepang juga sangat menghargai waktu, kemana-mana mereka selalu terlihat terburu-buru.


Shibuya, Tokyo 


2. Sistem transportasi di Jepang yang tertata dan canggih, penasaran sekali bagaimana rasanya naik Shinkanshen. Orang Jepang juga tidak segan untuk berjalan kaki dengan jarak yang lumayan jauh untuk mencapai halte bus terdekat. Memang sangat nyaman menggunakan transportasi umum di sana.

3. Dua tempat yang sangat ingin saya kunjungi di Jepang adalah toko buku dan toko kainnya. Yep tentu semua sudah sangat mengenal Manga yang berasal dari Jepang itu, saya ingin setidaknya memiliki satu komik dengan aksara Jepang yang tertulis di dalamnya. Selain itu belanja perlengkapan menggambar di Jepang juga menjadi impian saya. Sudah tidak diragukan lagi banyak sekali perlengkapan-perlengkapan menggambar yang bagus di produksi di Jepang.

4. Soal fashion, siapa yang tidak tau Harajuku style, mode fashion yang sangat berani dengan padu padan berbagai warna dan gaya atasan dan bawahan, sangat indah dipandang mata. Pakaian tradisional mereka, kimono, juga tidak kalah menakjubkannya, motif-motik kain yang cantik, ah saya selalu membayangkan betapa indah toko kain di Jepang.


Ozu Washi


5. Jepang sangat kaya dengan arsitektur kuno yang unik, candi-candi, kastil dan tempat peribadatan menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang sangat menarik perhatian saya adalah Fushimi Inari Shrine.


Fushimi Inari Shrine

Sebenarnya hampir semua tentang Jepang itu menakjubkan bagi saya, tetapi beberapa hal di atas adalah yang paling berkesan.Setiap sudut Jepang selalu indah dan menarik untuk ditelusuri.  Kalau saya diberi kesempatan untuk mengunjungi Jepang, tentu saya akan mendokumentasikannya dengan baik. Tak ada hal sekecil apapun tentang Jepang yang akan terlewat. Hmm semoga kesempatan itu secepatnya datang yaaa. Amin.

0 Komentar