beberapa hari yang lalu gw ke perpus, tujuannya sih pingin pinjem buku grammar untuk bahan ajar siswi privat gw. tapi tanpa alasan gw akhirnya ngambil buku lain secara random, bener-bener random. buku ini berbahasa inggris, satu-satunya yang gw perhatiin adalah tulisannya nggak rengket-rengket dan kecil-kecil banget, jadi mungkin gw akan bisa menyelesaikan buku ini. dan pada kenyataannya nggak sampai tiga hari buku ini kelar gw baca.



judulnya Walk Two Moons, merupakan karya dari Sharon Creech. well buku ini nggak menceritakan tentang moon walk-nya mbah michael jackson loh ya. gw rada bingung sebenernya buku ini bergenre apa? mungkin bisa dikatakan sebuah family drama kali ya. konflik yang disuguhkan seputar keluarga, persahabatan, dan percintaan dengan sedikit bumbu misteri.

buku ini ditulis dengan menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama, Salamanca Tree Hiddle. remaja tanggung berusia 13 tahun. Sal dan ayahnya baru saja pindah dari Bybanks, Kentucky ke Euclid, Ohio. kepindahannya itu berkaitan dengan kepergian ibunya ke Lewiston, Idaho. ibunya berjanji untuk kembali sebelum bunga tulip bersemi, namun bulan demi bulan berlalu, ibunya tidak pernah kembali. ayah Sal merasa dihantui oleh bayang-bayang ibunya di setiap sudut rumah, oleh karena itu ia memutuskan untuk pindah. 


di tempatnya yang baru Sal bertemu dengan Phoeboe Winterbottom, cewek super drama yang yang ditinggal oleh ibunya. di kelas ia jatuh cinta kepada Ben Finney, yang juga menyimpan rahasia terkait ibunya. seiring dengan teka-teki yang tertinggal terkait kepergian Mrs. Winterbottom (ibu Phoboe), Sal menemukan kesamaan antara masalahnya dengan Phoboe. Sal yang tadinya memandang masalahya dengan hanya menggunakan sudut pandangnya mulai mencoba untuk mengerti bagaimana ibunya memandang permasalahan itu. bagaimana perasaan ayahnya atas kepergian ibunya. dan menemukan kesalahan yang mugkin telah dibuatnya yang membuat ibunya pergi, 

dalam salah satu pesan misterius yang mereka temukan di halaman rumah  Phoboe dikatakan:

"Don't judge a man until you walked two moons in his moccasins"



pesan kedua berbunyi:

"In the course of a lifetime, what does it matter?"

demikian pula pesan ketiga dan keempat yang membuatnya berpikir dan mengkaitkan pesan-pesan itu dengan kehidupannya. membuatnya berusaha berdamai dengan keadaan. menerima orang-orang baru di dalam kehidupannya. menemukan sisi lain dari orang yang tidak disangka olehnya sama sekali.

kisah ini ia ceritakan kepada kakek dan neneknya dalam perjalanan mereka ke Lewiston, Idaho. ia berharap bisa menemui ibunya dan membawanya kembali, namun ayahnya berkata " you're is fishing in the air". dalam perjalannya ke Idaho, sebuah tragedi terjadi dan membuatnya harus melanjutkan perjalanan sendiri agar tiba tepat pada hari ulang tahun ibunya. akankah Sal bertemu dengan ibunya? 

hehe biar rasa penasaran gitu, baca sendiri deh. bagus bener deh. 

cara bertutur Shar dalam buku ini pelan namun pasti. di beberapa bagian ada kejutan-kejutan kecil untuk pembaca yang membuat kita ingin terus-dan terus membaca sampai selesai. dan kita juga nggak pernah bisa memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya, juga ending dari cerita ini. 

kemudian gw berpikir, bagus nih buku kalo difilmin. eh pas gw google ternyata udah keluar filmnya! tapi ntah kenapa gw nggak nemu-nemu. trailernya di youtube pun cuma kayak slide gambar-gambar buatan orang. nggak ada yang bener-bener trailer beneran. ada satu video yang nampilin cast-castnya. serius ya kalo ini beneran ada filmnya cast-castnya super kece-kece. 



sekian. maap banget kalo review gw ini apalah. namanya juga newbie. 

0 Komentar