momen wisuda sudah tentu menjadi salah satu momen spesial terbahagia yang sangat dinantikan mahasiswa/i (baca: gw) selama kurun waktu 5 tahun terakhir. buat gw sih paling berasa nunggu wisuda itu 1 tahun terakhir. yap, dimana temen-temen seangkatan yang lain udah pada lulus/wisuda juga, sementara gw masih berkutat dengan 'lelembut' (baca: bakteri) di lab. galau-galau itu mulai melanda.

namun Tuhan selalu punya timelineNya sendiri untuk setiap momen bahagia kita. momen wisuda gw akhirnya ditetapkan pada tanggal 23 agustus lalu. dan tentu di balik setiap momen bahagia selalu punya cerita behind the scene yang beragam rasanya; senang, sedih, repot, bete, capek, deg-degan, dll. dll. deh pokoknya.

selama 1 tahun lebih (banyak) gw penelitian, hanya kurang dari 2 bulan gw bener-bener ngerasain rasanya nyekripsi yang digembar-gemborkan sebagai (katakanlah) 'masa terkelam' oleh hampir semua mahasiswa tingkat akhir itu. setelah dinyatakan bahwa penelitian gw udah selesai dan bisa ditulis jadi skripsi pada akhir mei 2017, bulan berikutnya (juni) gw langsung kebut garap. gak nanggung-nanggung, mulai lagi dari awal, karena emang dulu belum punya proposal (di tempat gw istilahnya outline penelitian) yang bener. dulu outline penelitian cuma sekedar dibuat untuk bisa masuk lab dan mulai penelitian.

bulan juni bertepatan dengan bulan ramadhan, di sini gw sangat merasakan kemunduran gw dari ramadhan tahun kemaren. ramadhan ini gw bener-bener minim ibadah, nderes Qur'an jarang, ikut ngaji juga jarang. pokoknya number one skripsi (tapi ibadah wajib masih gw jalanin kok, so gw nggak syirik ya hehehe). tapi kan semua emang butuh pengorbanan. ini juga gw niatkan untuk birrul walidain, supaya ortu nggak perlu ngeluarin dui lagi buat bayar spp semester depan. so, gw emang bener-bener harus lulus bulan juli.

setelah hampir satu bulan gw bolak-balik revisi-koreksi skripsi ke dosen, akhirnya kepotong sama liburan idul fitri. selow banget nih pas liburan, kerjaan gw main sama keponakan dan nonton drama korea yang emang udah distok untuk liburan. fyi, revisi-koreksi skripsi gw masih gantung dong, belum menemui ujung yang indah.

memasuki bulan juli gw ngampus lagi ba'da liburan. di kampus juga belum ada kegiatan revisi-koreksi skripsi karena belum ketemu dosen. hari pertama ngampus malah ngerencanain liburan di salah satu rumah temen, dan pada akhirnya kelakon juga. ngampus hari berikutnya, sebuah titik cerah menyilaukan (baca: masa depan gw) mulai kelihatan.

ngampus hari berikutnya kabar menggemparkan datang, dosen skripsi gw akan pergi ke jepun dalam waktu yang lama. dan mau gak mau gw harus sidang sebelum doi pergi, kalo mau lulus bulan juli. singkat cerita, akhirnya gw bilang ke dosen pembimbing gw, kalo gw mau disidang juga. doi sih oke2 oke aja, tapi waktu itu gw masih kurang satu syarat untuk bisa masuk ruang sidang, yaitu seminar. parahnya dosen seminar gw gak seselow dosen skripsi, jadi gw kejar-kejaran dan nego hari seminar, akhirnya ditetapkanlah hari seminar dan sidang gw di hari yang sama (gw bukan orang pertama, tapi ini sungguh bikin sangat nervous). sehari sebelum keberangkatan dosen gw ke jepun.

akhirnya dapat nomor urut 13!

hari berikutnya dosen gw udah chaw aja ke jepun. skripsi belum direvisi-koreksi lagi. katanya sih via email aja, nyatanya sampai hari doi balik lagi (a.k.a hari yudisium, a.k.a hari terakhir upload syarat-syarat wisuda), revisi gw belum dikoreksi juga. baru akhirnya dikoreksi judul dan abstraknya doang setelah yudisium. hvft. selow bangeeet. cocoklah sama gw. untungnya ini nggak menimpa gw doang, tapi semua mahasiswa (6 orang) yang yudisium bulan juli. jadi yaaa selow aja ada temennya ini.

24 juli 2017. adalah hari yudisium sekaligus hari terakhir upload syarat-syarat untuk ikut wisuda periode agustus 2017. namun kami semua belum juga punya skripsi fix yang bisa diupload. selesai yudisium sekitar pukul 11. lalu kami seperti orang kesetanan mulai merevisi apa yang perlu diperbaiki dan mengedit yang perlu diedit, mencetak yang perlu dicetak dan mengupload yang perlu diupload. dengan deadline upload jam 4 sore, kami dibantu teman-teman se-lab ricuh mengupload skripsi kami ke web wisuda. pukul 4 sore tiba, sebagian besar dari kami sudah berhasil menyelesaikan proses upload, salah satu di antara kami masih ngadat. tapi kita tetep selow dong! hahaha bahkan si masnya ada yang bilang "gapapa gak ikut wisuda, yang penting gak di-drop out" ahaha entah ini tawakal atau depressed yaaa.

yaaa begitulah kira-kira kami semua (total 8 orang) akhirnya bisa ikut wisuda periode agustus 2017. bahagiaaa :)

wajah-wajah happy tapi depresi :)
untuk postingan wisuda gw pisah aja kali yaaa.








0 Komentar