Soal SKD: TWK, TIU, dan TKP yang Aku Ingat!

masih hangat sekali ini. iyaa, baru saja tadi pagi saya mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018. karena saya mendaftar formasi di Pemerintah Kota Palembang jadi lumayan akhir juga jadwal SKD-nya. tapi sepertinya masih ada yang belum tes juga, jadi semoga saja tulisan saya ini bermanfaat. :)

SKD CPNS tahun ini tuuuh, HOT banget jadi bahan pembicaraan. lain dengan SKD tahun lalu, yang saya juga sempat ikut, tahun ini soal yang menjadi tantangan itu soal-soal TKP atau Tes Karakteristik Pribadi. sementara tahun lalu soal yang dianggap susah dan banyak peserta tidak lolos karena tidak memenuhi passing grade adalah soal TWK atau Tes Wawasan Kepribadian.


kenapa soal TKP tahun ini susah? padahal tahun lalu TKP adalah soal paling mudah yang tidak perlu terlalu dipikirkan karena hampir sudah pasti lulus, asal kita mengisi pilihan jawaban yang baik atau pro.

menurut saya soalnya tidak susah. ketika mengisi jawaban saya yakin betul jawaban saya benar. tetapi entah mengapa ketika nilai keluar, nilai saya bahkan tidak memenuhi passing grade. jadi, saya juga tidak tahu pasti kriteria jawaban berpoin 5 pada soal TKP itu seperti apa.

konon katanya soal TKP tahun ini diformulasikan khusus untuk menjaring ASN yang betul-betul berkompeten dan memiliki kepribadian yang sesuai dengan formasi yang dipilih. jadi, kon katanya lagi jawaban soal TKP antara satu formasi dengan yang lainnya itu bisa berbeda karena memang konsennya berbeda. cuma ya, who knows?  intinya adalah dengan soal seperti ini pemerintah mengharapkan bisa menjaring ASN yang bersih dan anti-korupsi.

lah, panjang juga prolognya. mian mian ^^ 

nah karena saya kurang kerjaan, ketika sudah selesai mengerjakan 100 soal dan masih tersisa waktu saya tulis deh soal-soal yang saya hadapi mulai dari TWK, TIU dan TKP. lalu soal apa saja yang keluar pada saat saya ujian. yuk check it out yow! 


maapin tulisan jele :(


1. TWK

  • mengenai bagaimana sikap seseorang terhadap perbedaan etnis yang ada di masyarakat. contoh soal: bapak A adalah ketua RT. ketika terjadi permasalah yang berhubungan dengan warga anda yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda bagaimana seharusnya upaya bapak A untuk menyelesaikan masalah tersebut? 
  • banyak terjadi pencurian ikan di laur perbatasan Indonesia. bagaimana upaya untuk mencegah/menangani hal terebut?
  • pelaksanaan UUD 1945 pada masa awal kemerdekaan tidak maksimal dikarenakan oleh?
  • tujuan Sumpah Pemuda apa?
  • soal-soal mengenai persamaan kedudukan dan Hak Asasi Manusia. bagaimana seharusnya seseoang diperlakukan di dalam masyarakat atau di hadapan hukun terkait dengan HAM?
  • kedudukan Pancasila berkaitan dengan jati diri bangsa
  • makna yuridis dan politis proklamasi kemerdekaan
  • pasal-pasal di dalam UUD 1945 yang mengatur mengenai ketuhanan yang maha ESA
  • UUD sebagai konstitusi dan kedudukannya terhadap peraturan perundang-udangan di bawahnya
  • kekuasaan presiden dalam membentuk undang-undang
  • beberapa soal memperbaiki kalimat yang ganjil

2. TIU

  • soal mengenai padanan kata. contoh: pelajar: buku - telepon seluler: _____?
  • soal cerita yang menanyakan urutan atau posisi sesuatu/seseorang di dalam urutan. contoh. di dalan satu keluarga Ani, Budi, Cinta, Dodi, dan Emi masing masih berulang tahun pada bulan januari sampai dengan mei. masing-masing memiliki kue ulang tahun kesukaan yaitu: lemper, tahu bunting, pempek, cilok, dan bakso tusuk. jika emi tidak menyukai pempek dan lemper dan dia membelikan tahu bunting untuk dodi yang berulang tahun bulan januari. ani tidak suka cilok dan berulang tahun setelah cinta. budi berulan tahun pada bulan april. maka kapan ulang tahun budi? (kira-kira soalnya seperti itu, ini hanya contoh jadi jangan dicari jawabannya) kunci dalam menjawab soal seperti ini adalah membaca dengan cermat dan konsentrasi penuh. jika memang tidak memungkinkan untuk dijawab di awal maka sebaiknya disimpan untuk dikerjakan lagi ketika seselai menjawab soal yang lain. soal tipe ini juga keluar tahun lalu dan saya tetep keder jawabnya :')
  • premis dan kesimpulan
  • mencari pokok pikiran dari bacaan yang panjang. kuncinya adalah baca dulu soal yang ditanyakan agar lebih fokus mencari jawaban pada saat membaca teks yang panjang. 
  • deret angka
  • soal pecahan, pembagian dan akar-akaran (duh saya tuh saking bodohnya matematika sampai nggak tau istilahnya apa. hvft)
  • soal x plus y min 2x plus 5z dst. hitung perlahan dan perhatikan tanda plus dan minus-nya. 
  • soal persamaan atau apa ya namanya? contohnya gini: andi membeli 2 permen dan 5 pilus dengan harga Rp. 5700. nina membeli 6 permen dan 1 pilus dengan harga Rp. 4500. berapakah harga 7 permen dan 2 pilus? 
  • soal mengenai jarak, kecepatan dan waktu. contoh. sebuah mobil berjalan dengan kecepatan 40 km/jam dan motor berjalan dengan kecepatan 10 km/jam. jika selisih waktu sampai keduanya adalah 10 menit. berapa jarak yang ditempuh oleh mobil dan motor tersebut?
  • dan soal figural

3. TKP

nah sebenarnya kalau untuk soal TKP ini akan sangat membantu kalau ada contoh pilihan jawabannya juga. cuma karena kertas ujian yang saya pakai untuk mencatat sangat kecil, jadi tidak muat. di sini akan saya tuliskan hanya inti dari apa yang ditanyakan oleh soal-soal TKP. 
  • bagaimana tindakan kita jika atasan meminta rekomendasi karyawan baru untuk mengisi kekosongan jabatan? 
  • bagaimana jika pelanggan meminta kita datang ke kantor untuk urusan pekerjaan di luar jam kantor? 
  • bagaimana jia salah satu pelanggan yang mengantri untuk kita layani adalah seorang bapak lansia berusia 65 th? apakah akan kita prioritaskan atau harus mengikuti antrean seperti pelanggan lain?
  • bagaimana jika kita dipasangkan dengan rekan kerja yang tidak cocok?
  • jika kita adalah dosen yang dikritik oleh mahasiswa karena terlalu cepat menyempaikan materi, bagaimana sikap kita? apakan akan mengubah cara bicara atau akan tetap menggunakan cara penyampaian yang sama karena fokusnya adalah materi yang disampaikan buka cara penyampaiannya.
  • bagaimana jika bawahan memberi usulan untuk mengubah sistem kerja?
  • bagaimana menghadapi orang denga latarbelakang budaya yang berbeda-beda?
  • bagaimana jika ada karyawan baru yang meiliki pandangan politik berbeda dengan anda?
  • jika kita mendapat beasiswa ke luar negeri bagaimana cara kita beradaptasi?
  • jika kita sedang makan di kantin dan kemudian ada seseorang dengan bau keringat menyengat yang duduk di depan kita, bagaimana sikap kiat? langsung pindah atau santai saja?
  • bagaimana sebaiknya kita dalam memakai bahasa daerah di depan teman kita yang berasal dari daerah lain?
  • bagaimana tindakan kita jika ditawari naik jabatan namun harus pindah ke luar kota?
  • bagaimana menghadapi rekan kerja atau bawahan yang baru pulang dari luar negeri dan bergaya seperti budaya orang luar negeri?
  • bagaimana kita bersikap terhadap kebijakan yang dibuat oleh perusahaan tempat kita bekerja?
  • bagaimana kita harus beradaptasi dengan kemajuan IT?
  • bagaimana menghadapi rekan kerja yang membocorkan rahasia perusahaan di media sosial?
  • bagaimana jika kita memiliki tugas namun diajak untuk melakukan kegiatan lain? seminar nasional misalnya.
  • bagaimana jika di tempat kita bekerja terjadi perubahan prosedur bekerja? bagaimana harus bertindak?
  • jika kita diminta untuk memperbaiki sistem suatu organisai yang buruk?
  • kemauan untuk belajar hal baru
kira-kira begitu soal SKD yang saya hadapi. memang berbeda-beda setiap orang. namun saya membagikan ini karena pertama, ketika saya  belum ujian saya sangat berharap saya mendapatkan bocoran seperti ini dari teman-teman yang sudah ujian. namun kenyataannya mereka lupa soal-soal apa yang mereka dapat. kedua, karena saya kira pasti ada yang belum mengikuti ujian SKD dan semoga ini dapat membantu. ketiga, beberapa kali saya mononton bocoran soal-soal yang ada di youtube dan beberapa soal tersebut keluar. begitu juga dengan soal-soal saya di atas, siapa tahu juga keluar di soal kalian kan :")

pokoknya siapapun yang belum mengikuti ujian semoga diberi kesuksesan dalam menjawab soal. oh iya menurut saya, tidak memenuhi passing grade bukan berarti kita tidak suksesmengerjakan soal. kesuksesan mengerjakan soal itu ketika kita betul-betul yakin terhadap jawaban yang kita berikan. tidak ada kebimbangan. ya walaupun nilainya jelek. ahaha ngeles aja lau. 

dan yang sudah ujian namun belum memenuhi SKD yakinlah bahwa hasil yang kita dapat itu sebanding dengan usaha kita. jadi kalau misalnya belum lulus ya berarti usahanya kurang keras. :) dan insyaallah rejeki tidak akan tertukar. 

good luck always :))

Komentar

  1. Gimana hasilnya Mbak? Aku juga ikutan tes kemarin. Punyaku nilainya pres banget sm passing grade. 95 95 144. Tp ya masih tergolong lolos sih. Mampir juga di blog aq ya... Aq juga tuliskan kisahku ikut SKD wkwkwk... Buat kenang2an

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum rejeki saya mbak :))
      selamat ya sudah lulus skd. semoga sukses tahap2 berikutnyaaa

      Hapus
  2. Saya baru tahun ini ikut tes, dan nilai TKP kurang 3 poin. 😁 Tapi jadi pengalaman aja sih, sistem rekrutmen kayak gini menurutku bagus2 aja. Dan denger-denger instansi tempat saya mendaftar bahkan nggak sampai 20% yg lulus SKD,

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah udah bagus banget tuh mbak nilainya. kalau tahun ini belum lulus masih bisa dicoba di kesempatan berikutnya kook. semangatt. :)
      dan semoga yang terjaring menjadi asn tahun memang betul-betul orang yang kompeten dan bisa menjadi abdi bangsa yang baik.

      Hapus

Posting Komentar