bosan makan pempek dicelup cuko doang? nih saya kasih tau cara bikin Lenggang atau pempek dadar. cara lain untuk menikmati pempek. 

meskipun pempek Palembang itu terkenal dan dikenal oleh masyarakat daerah lain, tapi kalau sobat halu bukan Wong Kito Galo, dijamin belum pernah nyobain makanan ini.

cara bikinnya sangat mudah. fyi, saya itu benci banget memasak. jadi kalau saya bilang mudah ya berarti emang mudah banget. klean nggak butuh skill apa-apa, cuma basic skill bertahan hidup ala anak kos aja :P

Bahan-bahan

bahan yang digunakan pun sudah pasti ada di dapur. sobat halu hanya perlu menyiapkan: 
  • pempek
  • telur
  • minyak goreng
  • kuali dan kompor
  • kalau suka, bisa ditambah daun bawang dan boncabe
oh iya pempek yang saya gunakan di ini adalah pempek yang sudah jadi ya. pempek beli gitu maksudnya. saya belum bisa bikin pempek sendiri soalnya :(

Cara memasak

iris tipis-tipis pempek yang ada. ini saya pakai pempek telor, harusnya sih pempek lenjer yang nggak ada telornya. tapi karena adanya ini ya gak papa pakai ini juga. 


pecahkan telur dan masukkan ke wadah. oh iya klean bisa pakai telur biasa kok. ini saya pakai telur ayam kampung karena kebetulan lagi kehabisan telur. terus ada dua telur ini di belakang rumah. hihi


iris tipis-tipis daun bawang sesuai selera klean. kalau kata kakak saya, sebenernya lenggang tuh nggak pakai daun bawang. cuma karena saya suka daun bawang dan agar supaya lebih rame gitu ya saya tambahin aja. namanya juga resep suka-suka. 


akhir kata, campurkan semua bahan dan aduk rata seperti di gambar. jangan lupa tambahkan garam atau penyedap rasa sesuai selera. saya tambahin sedikit boncabe supaya makin rame lagi. dikit aja tapi ya, nanti rasanya berubah kalau kebanyakan. 


setelah itu panaskan minyak sedikit aja dengan api kecil aja. masukkan adonan dan goreng sampai matang. kalau mau hasilnya lebih lebar dan tipis, bika pakai teflon ya. cuma karena saya nggak punya, ya pakai wajan aja. tetep akan mateng kok :D


nggorengnya bentar aja. jangan sampai gosong ya. abis itu udah deh jadi lenggangnya. nah makannya tetep harus pakai cuko ya. karena apalah arti pempek tanpa cuko, yekan?




sekian resep sok tau ala saya. sampai jumpa kembali di postingan selanjutnya.

6 Komentar

  1. kayak martabak jadinya, jam segini udah laper lagi aja.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kayak martabak emang tabi beda rasa ^^
      pengen nyobain kasih keju, sapa tau jadi kayak pizza :P

      Hapus
  2. Bisa dicoba nih. Btw saya ga suka pempek, siapa tau cocok kalau dibuat seperti martabak gini, hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbak, syukur2 jadi suka pempek setelah makan Lenggang ^^

      Hapus
  3. Wah cara baru! enak keliahatannya ya :D besok pankapan coba ah. makasih resepnya mbaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. dijamin jadi dua kali lipat enaknya mbak ^^

      Hapus