sobat halu pernah nggak lupa wajah dan nama seseorang? sobat halu pernah nggak disapa seseorang seolah kalian sudah berteman sangat lama? sobat halu nggak tau siapa orang tersebut. dan ternyata memang dia adalah teman sobat halu yang sudah lamaa sekali nggak ketemu.


karena fenomena ini lah yang saya alami setelah saya kembali ke kampung. bukan hanya sekali tapi hampir setiap ketemu saya nggak pernah ingat mereka secara utuh. entah itu hanya ingat wajah nggak ingat nama, atau malah nggak ingat dua-duanya.

sedikit cerita, lulus kuliah saya memutuskan kembali ke kampung halaman untuk membantu bisnis kakak saya yang sibuk karena nyaleg. saya kembali ke tempat saya menghabiskan masa kecil hingga lulus SMP. saya kembali setelah hampir sepuluh tahun merantau. saya kembali karena saya rindu.

tapi pada kenyataannya, ini adalah tempat yang berbeda. many things change. people changes. anak-anak yang dulu masih TK sekarang udah pada SMA. rumah yang dulu jaraknya jauh-jauh kini mulai berdempetan.

dan hampir nggak ada orang yang saya kenal kecuali keluarga dan tetangga kanan kiri. iya bener-bener tetangga kanan kiri, dua rumah ke kanan udah lupa!

bobrok banget emang ingatan saya :(

semua masih baik-baik saja selama saya di rumah. tapi begitu keluar rumah, ke acara resepsi misalnya, saya mulai bertemu banyak orang. nggak sedikit yang langsung mengenali dan menyapa saya. sementara saya harus loading dulu dan nggak komplit-komplit. alias saya nggak berhasil menemukan ingatan saya tentang orang tersebut.

suatu hari salah seorang teman ke rumah untuk minta tolong dibuatkan KTP. dia dengan spontan nyebut nama saya sementara saya "eh siapa yaaaa?" kemudian ngintip KK-nya dan "oooh Eva ya? iya Eva. aku inget kok inget" huhu

yang paling parah adalah suatu ketika saya mengendarai motor dan menggunakan makser, eh di jalan ada yang manggil nama saya. mata doang loh orang itu bisa ngenalin saya! penasaran banget sebenarnya siapa orang itu. cuma karena saat itu kamu berseberangan arah jadi nggak bisa ketemu :(

kejadian-kejadian di atas nggak cuma terjadi sekali atau dua kali. tapi hampir selalu terjadi setiap kali saya keluar rumah atau kebetulan berpapasan dengan teman lama.

kalau sobat halu berada di posisi seperti saya, apa yang akan kalian lakukan? jujur bilang kalau kalian lupa nama mereka? atau pura-pura ingat dan tetap bersikap akrab?

atau gimana kalau sobat halu berada di posisi orang yang dilupakan? sakit hati kah? atau bisa memaklumi? 

0 Komentar